Mesin Pencacah Sampah Plastik - Mesin Penghancur Plastik Kecil

Mesin Pencacah Sampah Plastik - Mesin Penghancur Plastik Kecil

LightBlog

Breaking

Tuesday, January 14, 2020

Proses Pembuatan Daur Ulang Plastik

Cara Membuat Plastik HD Dan Proses Pembuatan Plastik Kresek

Hi, selamat siang, pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai proses pembuatan daur ulang plastik Cara Membuat Plastik HD Dan Proses Pembuatan Plastik Kresek simak selengkapnya lebih dalam tentang plastik.

Bahan Baku Utama

Kantong Plastik HD / Plastik Kresek menggunakan bahan baku utama HDPE (High Density Polyethylene). HDPE adalah hasil polimerisasi dari etilena yang mempunyai densitas 0.940 atau lebih besar, termasuk homo dan ko-polimer dengan α olefin yang lebih besar. Bahan produksi bisa menggunakan murni 100%, atau campuran recycle aval tergantung kualitas dan kebutuhan.

Bahan Pewarna

Bahan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah pewarna plastik. Warna untuk bahan plastik bermacam-macam, mulai dari merah, biru, hijau, kuning, putih, dan sebagainya.

Mesin Aduk

Langkah selanjutnya adalah mencampur bahan-bahan tersebut menggunakan mesin aduk. Jika ingin menghasilkan bahan murni, maka memakai 100% bahan murni.  Jika menginginkan kualitas sedang, maka komposisinya adalah 49% bahan murni, 49% bahan recycle, dan 2% warna. Pada saat menggunakan bahan recycle, maka harus dipertimbangkan pengurangan warna karena bahan recycle telah mengandung warna.

Mesin Blowing

Setelah bahan tercampur dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah melumerkan bahan dan meniup bahan menjadi kantong plastik menggunakan mesin blower. Suhu ideal untuk pelumeran adalah 200 derajat celcius, namun juga tergantung kualitas bahan yang diaduk. Ukuran plastik bisa diatur ukurannya mulai dari tebal, lebar, dsb. Contohnya lebar 15 cm, 24 cm, 30 cm. Kemudian plastik akan digulung secara otomatis dan menjadi roll plastik.

Mesin Potong

Roll Plastik yang sudah jadi siap dipotong menggunakan mesin potong plastik. Panjangnya bisa diatur, mulai dari 32 cm, 40 cm, 44 cm, dsb. Ada mesin potong lebih canggih, yaitu setiap kelipatan jumlah tertentu akan langsung dilipat dan siap dimasukkan ke dalam bungkus.

Mesin Plong

Hasil plastik yang telah dipotong akan membentuk persegi panjang.  Supaya plastik memiliki pegangan yang bisa dibawa, dibutuhkan proses pemotongan plastik menggunakan mesin plong. Mesin ini ada yang bertipe manual dan juga otomatis. Bentuk dan ukuran bisa diatur sesuai ukuran plastik. Variasi bisa ditambahkan, misalnya ada lubang kecil untuk gantungan di tembok.

Description: C:\Users\Lima Dijaya\Desktop\Sj-Two-Color-Striped-Plastic-Film-Blowing-Machine.jpg

Hasil Akhir

Sampai tahap ini proses produksi plastik telah selesai. Contoh hasilnya bisa bisa dilihat di :

Mesin Pencacah Plastik

Tentunya dalam proses produksi plastik akan menghasilkan aval / sisa produk. Setiap mesin akan menghasilkan aval, mulai dari mesin blowing, mesin potong mesin plong. Aval plastik ukurannya ada yang besar, tebal, dan tidak beraturan. Dibutuhkan mesin pencacah plastik untuk membantu proses penghancuran plastik supaya menjadi lebih halus dan ukurannya lebih kecil.

Description: C:\Users\Lima Dijaya\Desktop\Sj-Two-Color-Striped-Plastic-Film-Blowing-Machine.jpg

Mesin Pelet

Aval plastik yang telah dihancurkan menggunakan mesin pencacah plastik siap diolah menggunakan mesin pelet. Hasilnya adalah biji plastik kualitas rendah, menengah, dan tinggi. Penggunaan bahan aval akan mempengaruhi proses produksi selanjutnya, seperti komposisi bahan dan setting mesin.

Description: C:\Users\Lima Dijaya\Desktop\Sj-Two-Color-Striped-Plastic-Film-Blowing-Machine.jpg

Oke pembahasan mengenai Cara Membuat Plastik HD Dan Proses Pembuatan Plastik Kresek semoga artikel ini berfaedah salam

untuk pemesanan mesin pembuatan plastik bisa menghubungi kami ya.  alat penghancur plastik bekas

Artikel ini diposting pada kategori proses pembuatan daur ulang plastik, cara membuat baju daur ulang plastik, cara membuat tas daur ulang plastik,

http://www.arwanaplastik.com/cara-membuat-plastik-hd-dan-proses-pembuatan-plastik-kresek/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.